Feel Koplo: Indie Absolut Dari Sudut Pandang Dangdut

Istilah indie mungkin sudah tidak asing lagi mungkin sudah tidak asing lagi, baik dari kalangan skena, kawula muda hingga netizen yang budiman. Aku akan mengesampingkan perdebatan yang urung rampung mengenai makna indie entah sebagai proses produksi, instrumen bahkan genre. Satu hal yang pasti, di kalangan penikmatnya term indie ini seakan menjadi sebuah kasta baru yang bisa menghakimi selera musik orang lain. Bermodal mendengarkan Folk, Dream Pop atau apapun yang sudah terangkum di berbagai playlist bertajuk ‘Indienesia’ pada bermacam kanal, kelompok bertelinga eksklusif ini kemudian berjejal di media sosial menjadi hakim-hakim yang seakan berseru “Telingaku paling eksklusif!”.

Dangdut kerap menjadi sasaran utama dari hakim-hakim bertelinga spesial ini, tentunya setelah top 40 dan pop melayu yang diputar saban pagi. Kaum urban berjejalan sembari menghantam dengan berbagai label: norak, alay, jamet dan sebagainya. Padahal musik-musik ini juga memiliki kenikmatan tersendiri di kalangan penikmatnya pun dalam keseharian tidak ada satupun sobat penikmat kaset mp3 lima ribuan yang merasa risih dengan komentar hakim-hakim ke-indie-an ini. Poko’e joget!

Seakan ingin melawan balik hakim-hakim ke-indie-an ini, adalah Feel Koplo sebagai sosok yang membuat saja terkejut sekaligus senang. Entah siapa sosok dibaliknya, menurutku dia cukup jenius, gila dan degil untuk aku tulis. Alih-alih berlaku seperti  hakim ke-indie-an yang menyodorkan nama band atau judul lagu untuk didengar awam, dengan santai Feel Koplo mengubah lagu-lagu indie bin edgy ini menjadi kebaruan yang bisa dinikmati siapa saja. Alih-alih melawan balik, Feel Koplo seakan berseru kepada kaum-kaum indie: “Yuk, joget bareng!”.

Dalam kanal Youtube-nya, entah sudah beberapa musisi yang karyanya dikoplokan. Mulai dari The Panturas, Feast hingga Rex Orange County. Favoritku sendiri Everytime dari Boy Pablo yang berhasil membuatku merasakan sensasi joget sambil mengawang santai. Sungguh sedap. Ternyata tidak hanya aku saja yang menikmati perkoploan ini, Youtube Feel Koplo sudah berhasil menembus angka  3500-an subscribers yang juga kerap meminta lagu-lagu tertentu di bagian komentar. Termasuk saya yang menanti-nanti kelak Mac DeMarco juga ikut dikoplokan. Selain pada Youtube youtube.com/c/feelkoplo, Feel Koplo juga kerap memberikan teaser koplo yang akan datang pada akun instagramnya Instagram.com/feelkoplo.

Tulisan ini pernah dimuat di degilzine.com pada 1 Februari 2019 dengan judul yang sama.

Bagikan ke teman >>

Leave a Reply